Ads By Google

Tips dan Cara Menulis Artikel Blog yang Benar dan Seo Friendly

Siapa sih yang tak mengerti apa itu menulis? Tentu saja anda tahu apa itu menulis, terlebih lagi untuk anda yang gemar membuat artikel atau karya tulis lainnya, pasti anda sudah tidak asi g dengan kegiatan menyalurkan pikiran ini.
Menulis Artikel yang Bebar
Gambar Oleh  Latiefpakpahan

Menulis merupakan kegiatan menyalurkan apa yang ada di pikirkan kita, otak kita, hati kita sehingga menjadi karya tuli. Dalam menulis artikel kita juga harua memperhatikan Bagaimana Cara Menulis Artikel yang Benar . Cara yang anda lakukan harus sungguh-sungguh dan tidak hanya untuk kepentingan pribadi.

1. Berusaha Untuk Menulis Sendiri bukan Copas (Copy Paste)

Copas atau copy paste sering dilakukan banyak oleh blogger. Dulu saya juga termasuk pecandu copas, dan sekarang alhamdulillah saya sudah bisa menulis artikel sendiri walau masih kacau dan berantakan. Walau begitu namun ketika kita berusaha menulis sendiri dan tidak copas, setelah artikel di publikasikan maka kita akan mendapatkan kepuasan tersendiri dari hal ini. Tentu kita harua menulis dan hal yang terkecil mulai dari menulis status di social media sampai menulis buku handal. Kita harus yakin pada diri kita, kita kalau kita itu bisa menulis. Maka secara tak langsung hal ini akan teraplikasikan di hidup kita. Dan jika kita mempunyai hobi copas maka ada baiknnya kalian mengurangi hal itu. Jika artikel yang anda copas mempunyai undang-undang atau tulisan tersebut di lindungi hak cipta maka jangan pernah mengambil artikel tersebut, mengingat negara kita adalah negara hukum. Serta jangan lupa dengan tujuan kalian ngeblog. Baca artikel ini: Tujuan, Manfaat dan Alasan Mengapa Harus Ngeblog

2. Tentukan Tema yang Akan Anda Bahas

Nah, cara kedua ini tidak kalah dengan ara pertama. Setelah kalian akan menulis maka tentukanlah artikel yang akan kalian ulas, baik itu tips, cara, tekhnologi dan lain sebagainya. Menentukan tema merupakan point pertama yang harus anda perhatikan, tak mungkin jika kalian menulis tapi tidak ada temanya. Pasti pembaca akan bingung dengan dema yang anda ulas. Menentukan tema juga bisa membuat blog anda mucul di Search Engine. Coba kalian coba menulis kata teknologi di google, maka web dan blog yang mengandung tema tersebut akan muncul. Lihat gambar dibawah ini


Kita bisa melihat apa yang tampil di Search Engine tersebut, seperti apa yang saya katakan diatas blog atau web yang mengulas tema teknologi akan muncul. Begitu juga dengan blog kita, jika artikel kita memiliki tema maka blog kita bisa muncul di SERP. 

2. Pelajari Apa Yang Anda Akan Ulas

Seseorang akan menuliskan pemikirannya  jika orang tersebut sudah tahu apa yang akan dia ulas. Ibarat seorang guru, tak ada guru yang tidak bisa menjelaskan pelajaran yang guru ajar. Semua guru pasti sudah memahami dan guru tinggal mentransformasikan ilmunya kepada muridnya. Namun sebelum guru mengajar pasti guru mencari ilmu terlebih dahulu, jadi guru bisa menjelaskan apa yang dia ajar. Begitu juga dengan menulis artikel, sebelum kita menulis kita harus memahami terlebih dahulu sebelum kita menerbitkan tulisan kita. Ini juga akan mengatasi jika si pembaca kurang paham apa yang kalian tulis.


3. Menulis untuk pembaca, bukan mesin pencari

Seperti yang dikatakan tim Google Indonesia yang saya kutip dari  Ibu AgusMita
“Terlalu fokus pada perubahan tertentu untuk meraih peringkat pada hasil organik mesin telusur belum tentu memberikan hasil yang diinginkan. Pengoptimalan mesin telusur adalah tentangmeletakkan kesan indah di awaldalam keterlihatan di mesin telusur, namun konsumen utamanya adalah pengguna Anda, bukan mesin telusur.”

Tentu pembaca utama blog kita adalah manusia   bukan mesin pencari. Coba kalian pikirkan jika pengunjung blog kalian semuanya bot. Pasti akan percuma juga jika hal itu terjadi. Jadi, kita itu harus lebih mengutamakan pengunjung kita, tanpa pengunjung blog kita bagaikan pohon berbuah yang tidak pernah dipanen. Karena tujuab kita menulis itu berbagi kepada sesama bukan kepada mesin.

4. Pilih kata kunci yang pas dengan blog

Menggunakan kata kunci atau keyword ini juga mempengaruhi blog kita di Search Engine. Pada dasarnya ketika kita melakukan pencarian di google maka google bot akan melakukan pelacakan menggunakan keyword juga. Dan kita juga harus memperhatikan juga jumlah kata kunci kita, jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit, gunakan keyword yang seimbang dengan artikel kita. Sebuah contoh jika kita membuat artikel kebanyakan keyword makan pembaca juga kurang menikmati artikel kalian, si pembaca pasti akan berfikir kenapa kata ini selalu muncul. Maka dari itu memperhatikan kata kunci juga sangat penting untuk artikel blog kita.

Nah setelah melakukan hal diatas semoga kita bisa membuat artikel yang lebih baik. Kita tidak boleh menyerah untuk mencapai apa yang kita inginkan. Dan kesimpulan untuk artikel kali ini adalah

Sebaik apapun tulisan kita jika niat kita hanya pamer ilmu tak akan ada manfaatnya, kita memang tidak bisa namun kita bisa berusaha untuk cahaya masa depan

Salam Blogger Indonesia!

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Daftar Paypal Tanpa Kartu Kredit 2015

Mengenal Istilah - Istilah Dalam Dunia Blog

Cara Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Begadang dan Menghilangkan Pusing Akibat Begadang