Ads By Google

Mengenal Istilah - Istilah Dalam Dunia Blog

Dalam dunia nyata pasti kita menjumpai istilah - istilah yang mungkin tidak asing lagi di telinga anda. Begitu juga di dalam dunia blog, ada banyak istilah yang mungkin anda belum mengetahuinya dan jika anda belum mempunyai blog anda bisa baca di artikel ini. Cara Membuat Blog Yang Baik dan Benar di Blogger. Oleh karena itu mari kita

Mengenal Istilah - Istilah Dalam  Dunia Blog

Untuk sekarang saya akan membahas tentang istilah - istilah dalam dunia blog, namun sebelum anda mengenal istilahnya anda harus mengetahui apa itu blog.

Menurut Wikipedia
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Did You Know?
Tahukan anda tentang blog pertama di dunia? Blog pertama di dunia  dibuat oleh Sir Timothy John pada tanggal 06 Agustus 1991. Beliau mendirikan web blog pertama dengan alamat http://nxoc01.cern.ch. Namun sangat di sayangkan sekali, web blog tersebut sekarang sudah tidak bisa si akses.

Baiklah sesudah mengenal tentang asal usul blog sekarang saatnya anda untuk mengenal istilah - istilah dalam blog.

Title Blog yaitu judul dari blog anda, sebagai contoh blog ini mempunyai title blog atau judul blog Mbah Dedi

URL Blog yaitu alamat dari blog anda sendiri. Contoh http://dedipedia.com

Blogger yaitu pemilik dari blog. Contoh: jika anda menpunyai blog maka anda sudah termasuk yang namanya blogger.

Agan yaitu panggilan akrab yang biasa di gunakan para pengguna internet. Arti kata agan juga mempunyai banyak arti, seperti yang saya baca tadi agan juga berarti juragan.

Ane yaitu berasal dari kata bahasa arab أنا yang dalam bahasa Indonesia berarti saya. Entah mengapa banyak sekali blogger dan juga pengguna internet yang memakai kata dari bahasa Arab ini. (Termasuk saya juga sih :v)

Template yaitu tema dari blog anda. Tema yang dimaksud disini bukan bahasan melainkan baju dari blog anda.

Posting yaitu kegiatan membagikan artikel dengan menulis informasi tertentu melalui blog biasanya juga disertai gambar seperti pada post ini juga dilampirkan sebuah gambar.

Domain yaitu sebagai nama unik yang digunakan pada url blog anda. Contoh pada dedipedia.com menggunakan domain .com ada banyan domain mulai dari .info .net .sch.id dan masih banyak lagi.

Blog Walking biasa di sebut dengan BW, yaitu kegiatan yang di lakukan oleh blogger dengan berkunjung ke blog lain. Biasanya dengan maksud dan tujuan tertentu salah satunya yaitu mendapatkan kunjungan dari blogger lain.

Alhamdulillah, sekarang anda sudah sedikit tahu tentang istilah - istilah di dalam dunia blog. Jadi sekarang anda sudah tidak bingung lagi ketika sudah mendengar kata aneh seperti diatas. Sebenarnya masih banyak lagi istilah dalan dunia blog. Namun jika semuanya disebutkan pasti tidak ada ujungnya jadi sebaiknya akan saya bahas di posting - posting selanjutnya. Terima Kasih

Comments

  1. kirain agan itu singkatan dari "aku ganteng".. :D
    URL biasa dipakai untuk bahasa pemgrogaman gan, jadi gk hanya untuk bahasa blog aja..

    by the way nice post.
    :D

    from blogku

    ReplyDelete
  2. Walaupun agan itu singkatn dari juragan, tapi agak nggak enak kalau aku (yg cewek ini) dipanggil agan hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Mudah Daftar Paypal Tanpa Kartu Kredit 2015

Cara Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Begadang dan Menghilangkan Pusing Akibat Begadang